Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Orang Gemuk Beresiko Asma ! Benarkah ?

Orang Gemuk Beresiko Asma ! Benarkah ?

Diposting pada 9 January 2019 oleh mastha medica

Serangan asma bisa terjadi pada siapa saja dan tak memandang usia. Namun, memang ada beberapa hal yang membuat kondisi ini cenderung muncul pada orang-orang tertentu, salah satunya orang gemuk.

Katanya, orang gemuk itu lebih mungkin terserang asma ketimbang yang punya berat badan ideal. Kenapa bisa, ya?

Sebuah studi oleh para peneliti di Columbia University mengungkapkan bahwa, hormon leptin yang memainkan peran penting dalam metabolisme energi, kesuburan dan massa tulang, juga mengatur diameter dari saluran udara.

Leptin sebenarnya juga merupakan hormon pengatur rasa kenyang. Jadi, ketika makanan masuk dan memenuhi perut, hormon ini yang akan memberikan sinyal rasa kenyang ke otak, sehingga Anda akan berhenti makan.

Sayangnya, pada orang yang kelebihan berat badan, hormon init terpaksa diproduksi berlebihan, karena makanan terus-terusan masuk ke dalam tubuh. Nah, ketika jumlahnya berlebih, otak malah tidak mendapatkan sinyal rasa kenyang tersebut hingga akhirnya Anda akan terus makan.

Nah, kelebihan produksi hormon leptin juga berpengaruh terhadap serangan asma. Tingginya hormon ini akan menyebabkan tubuh mengalami radang di berbagai jaringan, termasuk paru-paru. Hingga akhirnya, terjadi penurunan kapasitas udara dalam paru dan timbul serangan asma.

Pengobatan Asma Untuk Orang Yang Berbadan Gemuk

Terapi yang terbaik untuk mereka yang mengalami asma disertai obesitas adalah dengan menurunkan berat badan hingga mencapai indeks massa tubuh yang normal. Berikut beberapa cara yang dapat anda coba untuk menurunkan berat badan anda :

  • Hitung berat badan ideal. Dengan begitu, Anda tahu berapa kilogram berat yang harus diturunkan.
  • Perbanyak makan serat. Misalnya sarapan dengan menggunakan roti gandum, sedangkan makan siang dan makan malam dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan.
  • Makanlah secara perlahan, jangan terburu-buru karena mengunyah dan makan terlalu cepat dapat menyebabkan anda makan secara berlebih tanpa anda sadari.
  • Rajinlah berolahraga dan kurangi makanan yang diproses dengan cara digoreng.

Orang dengan berat badan berlebih juga sangat mungkin mengalami komplikasi lain, seperti sesak napas saat tidur hingga tekanan darah tinggi. Kondisi seperti ini berpeluang membuat serangan asma semakin parah. Belum lagi reaksi obat yang digunakan orang yang obesitas mungkin tidak seampuh saat obat tersebut diminum oleh orang yang berbadan ideal. Hal ini, disinyalir karena tumpukan lemak bisa memengaruhi kerja obat asma. Oleh karena itu mereka yang obesitas dan asma sekaligus cenderung harus ditangani medis, tak bisa mengandalkan perawatan rumahan saja.

Senoga Bermanfaat 🙂

El

Artikel Terkait:

Tips Memilih Nebulizer

Tips Hidup Sehat Penderita Asma

Obat Herbal Alami Pereda Asma Bronkial

Bagikan informasi tentang Orang Gemuk Beresiko Asma ! Benarkah ? kepada teman atau kerabat Anda.

Orang Gemuk Beresiko Asma ! Benarkah ? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Orang Gemuk Beresiko Asma ! Benarkah ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 19%
Rp 1.500.000 Rp 1.850.000
Ready Stock
SIDEBAR
})