Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Perbedaan Inhaler dan Nebulizer

Perbedaan Inhaler dan Nebulizer

Diposting pada 23 January 2019 oleh mastha medica

Asma adalah penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Namun, gejalanya dapat dikendalikan dan dicegah dengan menggunakan alat bantu napas berupa nebulizer atau inhaler. Dua alat hirup ini juga bisa segera mengatasi serangan asma yang kambuh. Meski fungsinya tampak mirip, cara pakai nebulizer dan inhaler asma berbeda, lho! Yuk kita cari tahu perbedaan inhaler dan nebulizer !

Apa itu inhaler ?

Ada berbagai macam jenis obat untuk mengobati asma. Obat untuk penderita asma sendiri ada berbagai, ada yang harus dikonsumsi setiap harinya, dan ada juga obat yang hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja sesuai dengan fungsinya, seperti inhaler.

Obat yang dikonsumsi secara rutin setiap harinya digunakan untuk menekan kambuhnya gejala asma yang bisa terjadi pada penderita asma, sedangkan obat lain seperti inhaler digunakan oleh penderita asma pada saat gejala asma yang dia derita sedang kambuh karena adanya alergen yang masuk ke dalam saluran pernafasan, dan menyebabkan iritasi.

Lalu, Apa itu nebulizer ?

Nebulizer adalah mesin yang mengubah obat cair menjadi uap untuk dihirup ke dalam paru-paru. Alat bantu napas ini biasanya dijalankan dengan daya listrik atau baterai. Dengan menggunakan nebulizer, Anda bisa bernapas lebih lega.

Nebulizer biasanya digunakan sebagai terapi pengobatan asma kronis, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Ini karena dibanding dengan inhaler, partikel uap obat yang dihasilkan nebulizer amat sangat kecil sehingga obat akan bisa lebih cepat meresap ke bagian paru yang ditargetkan.

Selain untuk pengobatan asma, alat ini juga dapat digunakan untuk penderita penyakit paru obstruksi kronis (PPOK), Pneumonia (infeksi paru), dan reaksi alergi berat.

Perangkat nebulizer terdiri dari mesin kompresor udara, wadah kecil untuk obat cair, dan selang elastis yang menghubungkan kompresor udara ke wadah obat. Di bagian ujung atas wadah obat terdapat corong atau masker yang digunakan untuk menghirup kabut uap.

Ada banyak jenis dan model dari alat bantu napas ini, walau fungsinya tetap sama. Jenis yang Anda pilih akan memengaruhi durasi lamanya perawatan, ukuran partikel obat yang dapat dihirup, portabilitas (mudah atau tidaknya dibawa-bawa), daya tahan alat, dan banyak hal lainnya.

Jenis nebulizer yang paling umum adalah compressor, ultrasonic, dan mesh.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

El

 

Link Terkait :

Nebulizer Omron NE C28

Tips Memilih Nebulizer

Mengenal Jenis-Jenis Obat Nebulizer

Bagikan informasi tentang Perbedaan Inhaler dan Nebulizer kepada teman atau kerabat Anda.

Perbedaan Inhaler dan Nebulizer | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Perbedaan Inhaler dan Nebulizer

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 27%
Rp 1.100.000 Rp 1.500.000
Ready Stock
OFF 26%
Rp 575.000 Rp 780.000
Ready Stock
SIDEBAR
})