Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Sinusitis Dan Cara Mengobatinya

Sinusitis Dan Cara Mengobatinya

Diposting pada 16 January 2019 oleh mastha medica

Apa Itu Sinusitis ?

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinus terletak di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

Secara klinis sinusitis dibagi atas berbagai jenis, termasuk:

1. Sinusitis akut: Sebuah kondisi mendadak seperti gejala seperti pilek, hidung tersumbat dan nyeri wajah yang tidak hilang setelah 10 sampai 14 hari. Sinusitis akut biasanya berlangsung 4 minggu atau kurang.

2. Sinusitis subakut: Sebuah peradangan yang berlangsung 4 sampai 8 minggu.

3. Sinusitis kronis: Suatu kondisi yang ditandai dengan gejala radang sinus yang berlangsung 8 minggu atau lebih.

4. Sinusitis berulang: Beberapa serangan dalam setahun.

Apa Saja Gejalanya ?

Pada penderita sinusitis, biasanya bisa di temukan gejala-gejala seperti di bawah ini :

  • Napas berbau
  • Sakit kepala
  • Hidung Tersumbat
  • Postnasal Drip
  • Batuk, biasanya akan memburuk saat malam
  • Rasa sakit atau adanya tekanan di daerah dahi, pipi, hidung & di antara mata
  • Berkurangnya daya pengecap
  • Hidung terus meler dengan warna hijau pekat
  • Demam
  • Berkurangnya daya penciuman
  • gejala memburuk ketika malam hari

Apa penyebab sinusitis?

Sinusitis seringnya disebabkan oleh bakteri, alergi, polusi, atau polip hidung (pertumbuhan daging jinak di hidung yang bisa bikin Anda tersumbat saat bernapas).

Selain itu, sinusitis sering terjadi setelah Anda terkena flu, atau setelah mengalami kontak dengan alergen (seperti makan, minum, menghirup, atau menyentuh). Sedangkan sinusitis kronis dapat disebabkan oleh sinus sempit bawaan atau sinus yang terlalu kering.

Apa bedanya sinusitis dengan flu atau pilek biasa?

Flu biasanya dimulai dengan sakit tenggorokan, yang biasanya akan hilang setelah 1-2 hari. Suara sengau, hidung berair, hidung tersumbat, dan bersin-bersin atau batuk-batuk biasanya akan hilang setelah 4-5 hari. Pada orang dewasa, demam yang menyertai flu biasanya jarang terjadi. Lain ceritanya dengan anak-anak, biasanya anak-anak terkena demam yang disertai pilek.

Saat pilek, hidung Anda akan berair dipenuhi oleh cairan yang berasal dari sekresi rongga hidung hanya untuk beberapa hari. Setelah itu, cairan ini akan mengental dan warnanya menjadi lebih gelap. Ingus kental ini terjadi secara natural. Perlu diingat, ingus yang mengental tak selalu berarti Anda terkena sinusitis.

Kalau Anda hanya terserang flu biasa, biasanya Anda memerlukan tissue ataupun obat flu untuk beberapa hari saja. Tapi, pada ada umumnya, pilek atau flu akan sembuh sendirinya setelah sepuluh hari atau bahkan kurang dari waktu tersebut. Berikut merupakan tanda atau gejala lengkapnya:

  • Sakit tenggorokan
  • Batuk-batuk
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat
  • Bersin-bersin
  • Lemas
  • Hidung beringus
  • Bengkak pada rongga hidung
  • Demam

Pengobatan Sinusitis

Apa obat sinusitis yang biasa digunakan?

Untuk mengurangi rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sinusitis, biasanya digunakan obat sinusitis semprot atau obat sinusitis tetes dekongestan. Untuk efek sakit kepala yang ringan, Anda dapat menggunakan obat sinusitis yang mengandung penghilang rasa sakit, biasanya mengandung paracetamol.

Dokter mungkin akan meresepkan antihistamin atau obat sinusitis yang disemprot ke hidung, biasanya obat kortikosteroid guna mengurangi pembengkakan sinus. Metode ini sangat efektif jika Anda menderita polip hidung.

Biasanya, peradangan pada sinus adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh infeksi, dan dokter pun akan meresepkan obat sinusitis yang mengandung antibiotik. Selain itu, dokter juga mungkin melakukan prosedur pembedahan pada kasus sinus yang disebabkan oleh infeksi jamur, septum hidung yang menyimpang, atau polip hidung.

Apa saja tes yang dilakukan untuk mendiagnosis sinusitis?

Umumnya, dokter akan memeriksa telinga, hidung dan tenggorokan, dan dada Anda menggunakan stetoskop medis untuk mendiagnosis adanya sinusitis. Selain itu, dokter akan melakukan endoskopi pada hidung, CT scan atau MRI pada sinus, hal ini dilakukan jika Anda dicurigai memiliki infeksi atau peradangan sinus karena jamur atau tumor lainnya.

Untuk menentukan penyebab kondisi ini, dokter akan bertanya tentang frekuensi sinusitis yang Anda alami tiap tahunnya, dan aktivitas apa yang Anda lakukan sebelum gejala didiagnosis. Sehingga nantinya, dokter dapat merekomendasikan rontgen atau melakukan tes lain jika diperlukan.

Pengobatan Alami Sinusitis

Sinusitis yang belum sampai tahap kronis mungkin bisa diobati sendiri di rumah dengan berbagai cara, termasuk penggunaan obat seperti yang telah dijelaskan di atas tadi. Beberapa pengobatan di rumah untuk sinusitis adalah:

  • Menghirup uap. Anda bisa menyiapkan air panas di mangkuk besar dan hiruplah uap yang keluar dari air panas tersebut. Hal ini akan memberi sedikit kelegaan untuk jalan napas Anda. Cara ini belum terbukti secara ilmiah dapat menyembuhkan sinusitis, tetapi mungkin bisa sedikit membantu Anda.
  • Membersihkan saluran hidung. Cara ini dilakukan dengan cara membersihkan atau membilas hidung dengan air garam.
  • Kompres air hangat. Anda bisa mengompres bagian hidung dan sekitar hidung Anda dengan air hangat. Hal ini dapat meringankan beberapa gejala dan menjadi obat sinusitis sederhana.
  • Tidur dengan kepala diangkat. Anda bisa memakai beberapa bantal untuk menopang kepala Anda lebih tinggi dari biasanya saat tidur. Hal ini dapat mengurangi jumlah tekanan di sekitar sinus dan mengurangi ketidaknyamanan akibat rasa sakit.
  • Meminum obat sinusitis atau dekongestan tablet. Obat ini dapat mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi penyumbatan pada sinus.
  • Memakai obat sinusitis semprot (dekongestan). Memiliki manfaat yang sama seperti tablet dekongestan. Namun, penggunaan dalam waktu lama (lebih dari satu minggu) justru dapat menyebabkan penyumbatan pada sinus bertambah buruk.

Jika Anda sudah melakukan pengobatan atau memakai obat sinusitis seperti di atas tetapi tidak kunjung sembuh setelah satu minggu atau justru bertambah buruk, sebaiknya periksakan segera ke dokter.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

El

Link Produk Terkait :

Jual Alat Penyedot Dahak Lendir Suction Pump Portable Phlegm Gea SXT_5A

Jual Alat Penyedot dan Penghisap Lendir Dahak Suction Pump General Care

Jual Nebulizer Aerocare Hikoneb A101 Kartun Dog

Bagikan informasi tentang Sinusitis Dan Cara Mengobatinya kepada teman atau kerabat Anda.

Sinusitis Dan Cara Mengobatinya | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Sinusitis Dan Cara Mengobatinya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 19%
Rp 1.250.000 Rp 1.550.000
Ready Stock
OFF 27%
Rp 1.100.000 Rp 1.500.000
Ready Stock
SIDEBAR
})