Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Tips Hidup Sehat Penderita Asma

Tips Hidup Sehat Penderita Asma

Diposting pada 26 December 2018 oleh mastha medica

Memakan makanan yang tinggi nutrisi sangatlah penting untuk perawatan asma dan menjaga sistem imun Anda tetap bekerja dengan baik.

Penting pula untuk mengikuti rencana perawatan asma Anda dan jalani pengobatan Anda seperti yang dianjurkan, cobalah menambah beberapa makanan dan suplemen pada makanan Anda yang dapat membantu mengobati asma.

Menerapkan pola hidup sehat dipercaya dapat mengurangi frekuensi kambuhnya penyakit asma yang diderita oleh penderita asma.

Berikut adalah langkah mudah yang bisa memberi Anda manfaat kesehatan.

1. Konsumsi banyak buah dan sayuran

Peneliti mempelajari sekelompok orang yang memakan makanan ala Mediterania (makanan meliputi buah segar, sayuran, kacang-kacangan, dan lemak sehat) dan menemukan bahwa partisipan ini memiliki kontrol asma yang lebih baik dibanding kelompok lainnya. Buah segar dan sayuran memiliki anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan di paru-paru. Makanan ini juga dapat membantu mengontrol berat badan agar tetap sehat sehingga asma menjadi terkontrol.

2. Gunakan suplemen minyak ikan untuk kesehatan paru-paru

Ketika Anda menambah minyak ikan ke dalam menu Anda sehari-hari, Anda telah menambah kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan dan paru-paru. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Chest Journal mengungkap bahwa beberapa orang dengan asma yang biasanya kambuh karena olahraga, diminta menambahkan asam lemak omega-3 ke menu makanan mereka. Hasilnya, ini mengurangi penyumbatan pada saluran pernapasan, dan mereka dapat mengurangi pengobatan asma mereka. Penemuan ini penting karena ini berarti minyak ikan dapat membantu merawat asma dan dapat menjadi strategi untuk mengurangi risiko efek samping dari pengobatan asma.

3. Makan satu apel sehari

Anda pasti sudah tahu bahwa apel baik untuk Anda, tetapi apakah Anda tahu bahwa apel dapat mengurangi risiko mengalami serangan asma? Manfaat ini berasal dari antioksidan yang terkandung dalam kulit apel (terutama pada apel merah) dan memenuhi kebutuhan antihistamin alami dan efek peradangan yang dapat membantu mengontrol alergi dan asma. Penelitian di the American Journal of Respiratory Critical Care Medicine menemukan bahwa partisipan yang memakan apel dua kali dalam seminggu dapat memiliki risiko 3 kali lebih rendah dalam mengalami serangan asma.

4. Perbanyak susu, telur, dan ikan agar lebih banyak vitamin D

Orang dengan asma yang lebih serius biasanya kekurangan vitamin D, jadi memilih makanan yang tinggi vitamin D benar-benar diperlukan. Cara mudah lainnya untuk meningkatkan kandungan vitamin D Anda adalah dengan menghabiskan beberapa menit untuk berjemur di bawah sinar matahari tanpa menggunakan krim pelindung matahari (pastikan jangan berjemur terlalu lama dan usahakan di pagi hari saat matahari belum terlalu terik).

5. Jangan takut makan pedas

Vitamin C yang terkandung dalam lada cabai merah memiliki antioksidan yang dapat memerangi peradangan. Memakan makanan pedas berguna untuk menghilangkan lendir yang disebabkan alergi dan asma pada pernapasan.

Tapi, jika Anda tak kuat makan pedas, jangan dipaksakan. Masih banyak sumber vitamin C lainnya yang bisa Anda konsumsi, misalnya:

  • sayuran hijau gelap
  • jambu
  • paprika
  • brokoli
  • kembang kol
  • kiwi
  • jeruk
  • stoberi

6. Meningkatkan kebugaran fisis

Olahraga menghasilkan kebugaran fisis secara umum, menambah rasa percaya diri dan meningkatkan ketahanan tubuh. Walaupun terdapat salah satu bentuk asma yang timbul serangan sesudah exercise (exercise-induced asthma/ EIA), akan tetapi tidak berarti penderita EIA dilarang melakukan olahraga. Bila dikhawatirkan terjadi serangan asma akibat olahraga, maka dianjurkan menggunakan beta2-agonis sebelum melakukan olahraga.

 7. Berhenti atau tidak pernah merokok

Asap rokok merupakan oksidan, menimbulkan inflamasi dan menyebabkan ketidakseimbangan protease antiprotease. Penderita asma yang merokok akan mempercepat perburukan fungsi paru dan mempunyai risiko mendapatkan bronkitis kronik dan atau emfisema sebagaimana perokok lainnya dengan gambaran perburukan gejala klinis, berisiko mendapatkan kecacatan, semakin tidak produktif dan menurunkan kualiti hidup.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

El

 

Link Produk Terkait :

Jual Nebulizer Ultrasonic ABN meshNEB Ultrasonik

Jual Nebulizer Family Dr TD-7013

Jual Nebulizer Omron NE C801

Bagikan informasi tentang Tips Hidup Sehat Penderita Asma kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Hidup Sehat Penderita Asma | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Tips Hidup Sehat Penderita Asma

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 24%
Rp 265.000 Rp 350.000
Ready Stock
SIDEBAR
})