Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Tips Memilih Nebulizer Terbaik, Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Tips Memilih Nebulizer Terbaik, Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Diposting pada 21 October 2019 oleh mastha medica

Nebulizer adalah mesin yang mengubah bentuk obat cair menjadi uap untuk dihirup ke dalam paru-paru. Biasanya, saluran udara akan menyaring setiap partikel asing agar tidak sampai masuk ke paru-paru. Namun karena partikel uap tersebut amat sangat kecil, obat akan bisa masuk ke bagian paru yang ditargetkan.

Maka dari itu, penting untuk memilih nebulizer terbaik agar hasil pengobatannya maksimal. Cara penyaluran obat yang efisien berarti efek obat akan bekerja lebih cepat meski dalam dosis yang lebih rendah, sehingga menurunkan risiko efek samping.

Tipe-tipe nebulizer yang tersedia di pasaran

Ada banyak jenis dan model dari nebulizer, meski fungsinya tetap sama. Tiga jenis nebulizer yang paling umum adalah compressor nebulizer, ultrasonic nebulizer, dan mesh nebulizer.

Tipe nebulizer yang Anda pilih akan memengaruhi durasi perawatan, ukuran partikel, portabilitas, daya tahan alat, dan banyak aspek lain dari terapi.

1. Compressor Nebulizer

Compressor nebulizer didukung oleh gas bertekanan yang mengalir dengan kecepatan tinggi melalui obat cair, untuk mengubahnya menjadi bentuk uap. Tipe ini lebih murah daripada yang lain, namun biasanya menggunakan daya listrik dan menghasilkan suara.

2. Nebulizer Ultrasonic

Jenis ini menghasilkan getaran frekuensi tinggi untuk mengubah obat cair menjadi uap aerosol. Nebulizer ultrasonik tidak mengeluarkan suara berisik, ukurannya kecil, mudah dibawa ke mana-mana, dan dioperasikan dengan daya baterai atau listrik.

Nebulizer ini bekerja lebih cepat dibanding yang lain, tetapi tidak efisien untuk mengirimkan suspensi atau cairan kental.

3. Nebulizer Mesh

Nebulizer mesh menggunakan listrik atau gelombang ultrasonik untuk menghasilkan getaran guna meloloskan obat cair melalui lubang-lubang mesh (bahan yang terbuat dari jalinan jaringan kawat atau benang). Hasilnya adalah tetesan uap cairan yang sangat halus.. Mekanisme ini menghasilkan tetesan uap cairan yang sangat halus melalui lubang.

Nebulizer mesh dianggap sebagai alat hirup tercepat, efisien, dan tidak berisik. Pengoperasiannya menggunakan baterai sehingga praktis untuk dibawa bepergian. Namun, harganya lebih mahal dibandingkan yang lain.

Tips memilih nebulizer terbaik

Meski dokter Anda akan menyarankan nebulizer seperti apa yang cocok untuk Anda, Anda mungkin masih bisa menentukan pilihan dalam hal merek, ukuran, dan aspek lainnya. Pertimbangkan segala hal dengan baik sebelum membelinya karena nebulizer akan menjadi investasi dalam kesehatan dan kebugaran Anda.

Berikut yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mendaratkan pilihan Anda pada satu produk:

1. Apakah model tersebut cocok dengan kondisi kesehatan Anda?

Pilihan model harus disesuaikan dengan kondisi Anda. Penyakit yang berbeda memerlukan cara perawatan yang berbeda.

Penyakit pernapasan atas seperti flu biasa, mungkin memerlukan ukuran partikel uap obat yang lebih besar, sementara penyakit saluran pernapasan bawah seperti PPOK memerlukan ukuran partikel obat yang lebih kecil.

Sementara itu, orang-orang yang mengalami beberapa penyakit pernapasan dalam satu waktu butuh nebulizer yang memberikan ukuran partikel berbeda dan dapat disesuaikan.

Nebulizer jet compressor neb bisa menawarkan berbagai ukuran partikel, sementara ultrasonik dan mesh menawarkan ukuran partikel yang konsisten. Lebih tepatnya, tanyakan langsung pada dokter untuk rekomendasi nebulizer yang bisa memberikan ukuran partikel yang tepat untuk kondisi Anda.

2. Usia serta kemampuan fisik dan kognitif Anda

Lansia serta bayi dan anak-anak mungkin memiliki kemampuan terbatas untuk mengoperasikan perangkat.

Terutama pada lansia, penurunan kognitif otak bisa menyulitkan mereka untuk menggenggam dan menggerakkan alat. Situasi serupa juga mungkin dialami oleh orang-orang yang menderita radang sendi, gangguan penglihatan, dan yang memiliki rejimen pengobatan rumit.

Bagi orang yang memiliki kemampuan terbatas untuk menggunakan teknik inhalasi yang rumit, mungkin lebih baik memilih nebulizer sederhana. Sebelum membeli nebulizer, pastikan dokter sudah mengetahui masalah yang Anda miliki, termasuk ketangkasan atau penurunan fungsi otak.

Jika Anda membeli untuk anak atau bayi, pilihlah nebulizer yang tidak mengeluarkan suara mesin berisik tapi bisa menghasilkan kabut uap lembut. Anda dapat mencari model serbaguna dengan pilihan aksesoris atau motif gambar yang ramah anak. Ada juga pilihan warna-warni yang tersedia untuk anak-anak. Pilih yang praktis bagi Anda sebagai perawat.

Jika anak Anda atau orang yang dicintai membutuhkan terapi nebulizer, penting juga bagi pengasuh lain yang mungkin mengelola pengobatan mereka untuk memahami cara menggunakan nebulizer dengan benar.

3. Efisiensi alat

Dokter akan menyarankan nebulizer yang paling efisien untuk Anda gunakan.

Sebelum itu, ketahuilah bahwa obat-obatan tertentu bekerja paling baik dengan jenis nebulizer tertentu, dan beberapa obat tidak dapat digunakan pada nebulizer tertentu.

Hal lain yang perlu diingat adalah terapi hanya akan berjalan efektif jika perangkat dioperasikan dengan benar.

Pastikan Anda benar-benar mampu menggunakan nebulizer setelah dicek oleh dokter. Jika Anda tidak dapat menggunakan perangkat ini dengan baik, diskusikan dengan penyedia perawatan kesehatan Anda untuk mencari alternatif.

Jika anak Anda yang menggunakan nebulizer, pastikan dokternya mengevaluasi ulang secara berkala untuk memastikan apakah ia butuh mengganti perangkat aerosolnya seiring ia bertumbuh dewasa.

4. Apakah alat mudah dibawa-bawa?

Penting untuk memilih perangkat yang mudah digunakan sesuai gaya hidup Anda. Jika Anda adalah tipe orang yang sering bepergian, pertimbangkan membeli nebulizer yang nyaman untuk digunakan dan aksesori yang diperlukan seperti charger listrik untuk dibawa bersama Anda.

Di sisi lain, jika Anda lebih sering menggunakan nebulizer di rumah, misalnya untuk anak-anak dan orang lanjut usia, Anda bisa memilih nebulizer stasioner yang biasanya harganya lebih ekonomis.

Beberapa orang lebih memilih untuk membeli dua jenis nebulizer. Jika Anda tidak yakin tipe apa yang akan dibeli, mungkin lebih baik menggunakan model portabel yang lebih nyaman.

5. Frekuensi, lokasi, dan waktu terapi

Kapan dan di mana terapi diperlukan juga dapat mempengaruhi pemilihan perangkat. Terapi yang diberikan secara rutin, sekali atau dua kali sehari tidak perlu alat portabel. Sementara itu, jika Anda harus lebih sering berobat, Anda mungkin butuh alat yang mudah dibawa ke mana-mana agar cepat mendapat pengobatan ketika dibutuhkan.

6. Apakah bisa dipakai untuk dosis ganda?

Banyak pasien yang diresepkan lebih dari satu obat hirup. Untuk menghindari kebingungan tentang cara menggunakan setiap perangkat untuk setiap obat, minta penyedia layanan kesehatan Anda untuk menyarankan nebulizer yang sesuai dengan semua obat Anda.

Menggunakan perangkat yang sama atau mengurangi jumlah perangkat berbeda akan memudahkan Anda mematuhi terapi sambil meminimalisir kebingungan tentang dosis dan cara pakainya.

Beberapa nebulizer memungkinkan beberapa obat terpisah untuk dihirup pada saat yang bersamaan, tapi jangan gabungkan obat kecuali diketahui tidak berinteraksi negatif satu sama lain.

7. Daya tahan

Pastikan nebulizer yang Anda pilih memiliki daya tahan yang baik sehingga awet meski dipakai dan dibersihkan berulang kali dalam jangka panjang.

Nebulizer bertahan lebih lama ketika dirawat dengan benar yang juga melibatkan pemeriksaan filter udara secara teratur dan mengubahnya ketika diperlukan.

8. Pastikan harga sesuai estimasi anggaran

Nebulizer adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan Anda, jadi Anda harus memaksimalkan anggaran Anda. Sangat penting untuk memilih perangkat aerosol yang dengan harga terjangkau tapi tetap efektif.

Jika Anda membeli nebulizer lewat online, cobalah memesan semua aksesori yang Anda butuhkan sekaligus untuk menghemat biaya pengiriman. Anda juga dapat mencari harga khusus dan promosi pengiriman.

Jika perangkat terbaik tidak dalam estimasi anggaran yang Anda mampu, diskusikan dengan dokter Anda untuk opsi lain yang lebih terjangkau.

9. Aksesori perangkat

Cari tahu jenis aksesoris nebulizer yang Anda butuhkan atau sukai. Apakah Anda lebih suka masker wajah atau mouthpiece?

Jika Anda memilih untuk menggunakan masker untuk anak Anda, ada pilihan masker lucu yang membantu mereka merasa lebih nyaman menjadikan terapi sebagai rutinitasnya.

Mengganti aksesori dan filter tepat waktu akan membantu membuat sistem nebulizer Anda bertahan lebih lama, yang menghemat uang Anda dalam jangka panjang. Masker tersedia dalam berbagai ukuran. Anda harus mencari tahu ukuran apa yang perlu Anda ganti sebelum membeli yang baru. Selain itu, cari tahu juga apa jenis filter, gelas obat, dan bagian suku cadang lain yang Anda butuhkan untuk nebulizer milik Anda.

Banyak orang yang kurang memahami prinsip-prinsip pengobatan nebulizer dan tidak menyadari kapan nebulizer mereka rusak. Oleh karena itu, pelatihan seputar cara pakai dan perawatan alat harus diberikan secara berkala oleh tenaga medis profesional yang memahami kondisi Anda.

Bagikan informasi tentang Tips Memilih Nebulizer Terbaik, Sesuai Dengan Kebutuhan Anda kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Memilih Nebulizer Terbaik, Sesuai Dengan Kebutuhan Anda | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Tips Memilih Nebulizer Terbaik, Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 19%
Rp 1.500.000 Rp 1.850.000
Ready Stock
OFF 9%
Rp 670.000 Rp 740.000
Ready Stock
SIDEBAR
})